Perumpamaan Manusia dan Amal Perbuatannya

Perumpamaan manusia dengan harta benda, kerabat dan amal perbuatannya digambarkan sebagai seorang lelaki yang mempunyai tiga saudara.

Suatu ketika saat ia hendak melakukan perjalanan jauh, ia memanggil ketiga saudaranya dan berpesan.
Kalian mengetahui bahwa aku harus pergi ketempat yang amat jauh, dan saat ini aku sangat membutuhkan pertolonganmu.

Saudara pertama menjawab: Sekian lama aku menjadi saudaramu, tetapi saat ini, aku bukan lagi saudaramu dan bukan pula sahabat. Aku tidak punya apa-apa selain itu.
Lelaki itu menjawab: Saat ini akupun tidak membutuhkanmu lagi.

Kepada saudara kedua lelaki itu brtanya: Apa pendapatmu ?
Saudara ke dua menjawab: Aku telah menjadi saudaramu sejak dulu hingga sekarang dan aku akan setia padamu dan akan kupersiapkan bekalmu dalam perjalanan. Namun setelah engkau menaiki tungganganmu aku tidak lagi menjadi saudaramu.
Lelaki itu brkata Aku membutuhkanmu menjadi temanku diperjalanan.
Saudaranya menjawab: Engkau tidak punya alasan lagi memaksaku.
Lelaki itu mngatakan: Jika demikian, aku tidak lagi membutuhkamu.

Kepada saudara ketiga, ia bertanya: Apa yg engkau akan katakan ?
Saudara ketiga menjawab: Aku adalah sahabatmu disaat engkau sehat atau menderita, aku adalah sahabatmu saat ini, sahabatmu disaat engkau berkendaraan dan sahabatmu diperjalanan. Kemana engkau pergi aku akan mendampingimu. Jika engkau berhenti, aku akan berhenti bersamamu hingga engkau sampai di tempat tujuan dan tidak akan pernah meninggalkanmu selamanya.
Lelaki itu berkata: Sebelumnya aku menduga bahwa engkau sahabatku yg paling aku rendahkan, aku lebih mengutamakan kedua saudaraku yang lain daripada dirimu.
Andaikata aku mengetahui kesetiaanmu kepadaku, niscaya aku akan mengutamakan engkau daripada kedua saudaraku .
-----------------------------------------------------------------------------------
Saudara pertama tidak lain merupakan gambaran tentang harta dunia; Saudara kedua menggambarkan sanak keluarga, saudara & sahabat, sedangakan saudara ketiga menggambarkan amal perbuatan.
-----------------------------------------------------------------------------------
Salin Dari Buku Imam Ibnu Al-Qoyyim Al-Jauziyyah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »